5 Penyebab Kemandulan pada Pria

Penyebab Kemandulan pada Pria – Di dunia ini tidak ada satu orang pun yang mau mengalami kemandulan. Sayangnya, dari keseluruhan orang tersebut, hanya sebagian kecil saja yang mau mengantisipasi berbagai penyebab kemandulan. Padahal jika dipelajari dan diantisipasi dengan baik, kemandulan dapat dicegah dengan mudah.

Untuk mencegah kemandulan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui berbagai penyebab terjadinya kemandulan. Ada banyak sekali penyebab kemandulan pada pria, seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :


Penyebab Kemandulan pada Pria

Beberapa Penyebab Kemandulan pada Pria

1. Jumlah Sperma yang Diproduksi Sedikit

Gangguan pada sistem reproduksi pria dapat mengakibatkan produksi sperma menjadi tidak optimal. Jumlah sperma yang diproduksi menjadi lebih sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Beberapa penyebab terjadinya gangguan sistem reproduksi sendiri yaitu infeksi bakteri/virus pada organ testis, varikokel, dan penggunaan obat-obatan seperti steroid anabolik ataupun kertikosteroid.

2. Abnormalitas Sperma yang Diproduksi

Abnormalitas sperma yaitu suatu kondisi dimana sperma yang diproduksi memiliki bentuk yang tidak sempurna ataupun abnormal. Penyebab terjadinya abnormalitas sperma ini pada dasarnya hampir sama dengan penyebab minimnya produksi sperma di atas.

3. Gangguan pada Saluran Sperma

Gangguan pada saluran sperma dapat berakibat pada tidak lancarnya proses tranport sperma, sehingga sperma menjadi tidak dapat terkirim/keluar dengan lancar. Gangguan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi pada sistem reproduksi pria yang berakibat pada tersumbatnya epididimis ataupun vas deferens.

4. Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi dapat berakibat pada menurunnya gairah seksual pasangan suami istri. Ketika disfungsi ereksi terjadi, maka organ reproduksi menjadi tidak dapat berfungsi normal yang pada akhirnya dapat berakibat pada kemandulan.

5. Pola Hidup tidak Sehat

Ada banyak kebiasaan buruk yang sering dilakukan pria yang dapat merusak sistem reproduksinya sendiri. Beberapa kebiasaan buruk penyebab kemandulan ini yaitu merokok, minum minuman beralkohol, menggunakan celana dalam terlalu ketat, terlalu sering mandi air hangat, dan berbagai kebiasaan buruk lainnya.

apa saja penyebab kemandulan pada pria

Itulah 5 penyebab kemandulan pada pria yang dapat kami informasikan kali ini. Semoga setelah membaca tulisan ini, Anda bisa lebih mudah dalam menghindari terjadinya kemandulan dengan cara meninggalkan berbagai gaya hidup buruk yang dapat menyebabkan kemandulan pada pria dan mendapatkan kehamilan yang Anda idam-idamkan.

TAGs: kemandulan pada pria dapat dicegah?

loading...