Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

4 Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Ampuh

Rambut rontok merupakan salah satu permasalahan rambut yang cukup banyak dialami oleh manusia. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Kekurangan hormon penting untuk rambut, usia yang sudah semakin bertambah, dan stress merupakan tiga penyebab utama rambut rontok.

Jika tidak segera diatasi, rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan. Untuk menghindari terjadinya kebotakan, Anda dapat menerapakan beberapa cara mengatasi rambut rontok berikut ini :

4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

  1. Menggunakan Santan

Jauh sebelum berbagai macam produk perawatan rambut ditemukan, santan telah dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Meskipun saat ini sudah sangat jarang digunakan, akan tetapi khasiat santan untuk kesehatan rambut masih tetap terjaga. Anda dapat menggunakan santan sebagai pengganti shampo di saat Anda keramas. Penggunaan santan sebagai pengganti shampo secara rutin dapat membantu proses regenerasi pigmen – pigmen yang ada pada lapisan bawah kulit kepala.

cara mengatasi rambut rontok 2

  1. Menggunakan Jahe

Cara mengatasi rambut rontok yang kedua adalah dengan menggunakan jahe. Tanaman bumbu dapur yang satu ini telah terbukti ampuh dalam mengatasi rambut rontok. Untuk menggunakan jahe sebagai media pengobatan rambut rontok, Anda hanya perlu menggunakan ramuan jahe tumbuk yang telah dicampur minyak zaitun, beberapa saat sebelum Anda keramas.

  1. Menggunakan Minyak Lavender

Bunga Lavender telah terbukti ampuh untuk mempercepat proses regenerasi sel – sel pigmen yang ada pada rambut. Ketika regenerasi terjadi, rambut Anda yang rontok akan digantikan dengan rambut yang baru. Bahkan, jika digunakan secara rutin, minyak lavender dapat membuat rambut Anda menjadi lebih tebal dan lebat.

Penggunaan minyak lavender sendiri dilakukan dengan jalan melumurkannya pada kulit kepala beberapa saat sebelum berkeramas.

cara mengatasi rambut rontok 2

  1. Menggunakan Lidah Buaya dan Madu

Lidah buaya dan madu telah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Kandungan nutrisi pada dua bahan alami ini dapat membantu memperbaiki sel – sel pigmen yang ada pada rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan dua bahan ini dapat dilakukan dengan jalan melumurkan ramuan jel lidah buaya yang telah dicampur dengan madu ke bagian kulit kepala secara rutin sebelum Anda melakukan keramas.