>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

10 Tahap Perkembangan Bayi Sesuai Usianya

Bayi akan melalui tahapan perkembangan yang cukup panjang hingga mereka dapat berlari dengan kencang dan setiap tahap perkembangan bayi merupakan gambaran dari perkembangan kemampuan motorik dan kognitifnya.

10 Tahap Perkembangan Bayi

Berikut beberapa tahap perkembangan yang akan dilalui oleh setiap bayi normal:tahap perkembangan bayi 2

  1. Tengkurap

Tengkurap merupakan dasar dari tahap perkembangan bayi 2 bulan, pada umumnya bayi dapat tengkurap pada usia 3-4 bulan. Setiap bayi memiliki masa yang berbeda-beda untuk dapat tengkurap, hal ini dipicu oleh berat badan si kecil. Bayi yang memiliki tubuh gemuk akan lebih lamban untuk dapat tengkurap. Pada usia 5-6 bulan biasanya bayi sudah dapat tengkurap sendiri.

  1. Mengangkat kepala

Bayi usia 4 bulan dapat mengangkat kepalanya sebesar lebih dari 90 derajat saat mereka tengkurap. Perkembangan ini dapat membantu ketajaman penglihatan si kecil untuk melihat dan mereka akan mulai mencari sumber suara.

  1. Memekik gembira

Bayi usia 4-5 bulan pada umumnya dapat mengeluarkan suara bernada tinggi dan terdengar sangat gembira. Suara yang dikeluarkan si kecil merupakan luapan respon terhadap emosinya. Suara ini juga merupakan alat komunikasi bayi dengan orang di sekitarnya.tahap perkembangan bayi 2

  1. Memegang benda dengan tangannya

Tahap perkembangan bayi 8 bulan yaitu dapat memegang dua benda pada kedua tangannya dengan erat. Jika si kecil memegang mainan pada satu tangan dan Bunda memberikan mainan lagi maka mereka akan mengambil mainan tersebut dengan tangan satunya yang masih kosong, tanpa melepaskan mainan yang telah dipegangnya. Jika Bunda memberikan mainan kembali sedangkan kedua tangannya memegang mainan, maka si kecil akan membuang salah satu mainannya dan mengambil mainan baru yang Bunda beri.

  1. Duduk

Pada umumnya bayi usia 6 bulan akan mencoba untuk duduk sendiri tetapi si kecil masih kesulitan sehingga mereka sering terguling. Bayi dapat menopang tubuhnya sendiri dan duduk tegak sempurna pada usia 7-8 bulan.

  1. Merangkak

Salah satu tahap perkembangan bayi yang paling ditunggu-tunggu yaitu merangkak. Bayi dapat merangkak untuk mengeksplor sekelilingnya pada usia 7-8 bulan. Merangkak merupakan tahapan penting untuk belajar berjalan dan menguatkan otot-otot kaki.

  1. Makan sendiri

Sejak usia 6 bulan bayi dapat menggunakan jari-jemarinya dengan baik dalam memindahkan barang. Di usia ini si kecil mulai dapat makan sendiri dengan tangannya yaitu memasukkan makanan ke mulutnya dan keinginan kuat untuk menggigit barang-barang di sekitarnya. Usia 7-8 bulan, jemari bayi semakin berkembang dengan cepat sehingga mereka bisa memegang sendok untuk makan sendiri.

  1. Mengenali anggota keluarga

Bayi usia 6 bulan sudah mulai untuk merekam wajah orang-orang yang dekat dengannya dan tahap perkembangan anak pada usia 9-12 bulan yaitu sudah dapat membedakan orang yang termasuk anggota keluarga dan orang yang bukan anggota keluarganya. Biasanya di usia ini, bayi akan takut dan bahkan menangis jika digendong dengan orang yang jarang mereka temui.

  1. Berjalan

Bayi usia 8-9 bulan mulai belajar untuk mengangkat tubuhnya agar bisa berdiri sehingga mereka akan merayap di meja, dinding, kursi atau perabot rumah tangga lainnya dengan kedua tangannya. Pada usia 11 bulan, bayi sudah dapat berdiri dengan kedua kakinya tetapi hanya beberapa menit saja kemudian terjatuh lagi. Pada usia 12-13 bulan, umumnya bayi sudah dapat berjalan sendiri meskipun agak limbung.

  1. Bicara

Bayi usia 18-24 bulan mulai dapat menyebutkan beberapa kata seperti susu, bubu, mama, papa, dan sebagainya. Pada usia 2 tahun bayi sudah mulai dapat merangkai 2-3 kata dengan baik.

Demikian informasi seputar tahap perkembangan bayi yang perlu diketahui oleh Bunda untuk mengontrol perkembangan si buah hati.